Wednesday, January 11, 2006

Cover Buku Pramoedya Ananta Toer

Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca adalah seri Teteralogi Pramoedya Ananta Toer. Saya belum memiliki sampul buku Rumah Kaca. Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Buku pertama dari tetralogi populer karya Pramoedya. Baru diterbitkan kembali oleh Lentera setelah lama menghilang

"Anak Semua Bangsa" Penerbit:Hasta Mitra Deskripsi: Buku ke-2 dari tetralogi populer karya Pramoedya.

"Jejak Langkah" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Buku ke-3 dari tetralogi populer karya Pramoedya. "Rumah Kaca" (Cover Kosong ) Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Buku ke-4 (terakhir) dari tetralogi populer karya Pramoedya

"Arus Balik" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Sebuah epos pasca kejayaan Nusantara di awal abad 16.

"Gadis Pantai" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta MitraDeskripsi Diskripsi: Siapa yang udah baca...Diisi

Cerita Dari Digul' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Diskripsi: Tolong di bantu. 'Cerita Dari Digul'

"Nyayi Sunyi Seorang Bisu" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi; sebuah jabaran komunikasi Inter-personal Pram di pulau buru, yang dituangkan dalam cuplikan cerita yang mendalam.

"Mangir" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Sopo seng uwes boco...Hayoo di isi.

"Laras Sati" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Isi geah, yang udah baca....

"Cerita Calon Arang" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Sebuah dongeng yang tidak cocok dibaca anak kecil, tapi juga tidak berguna dibaca manula, Pram mendongeng kisah penyihir hitamyang sangat kontektual dengan manusia jawa.

'Pangil Aku Kartini' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Dalam beberapa kali wawancara, pram tidak bisa menyimpan kekagumannya kepada sang ibu, buku ini mengupas sikap wanita, dengan menampilkan kisah nyata pram.

]

"Arok Dedes" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Begitu berapinya Pram, ketika mengunakan sejarah Ken Arok, mengiring pembaca agar kritis melihat lengsernya Sukarno yang digantikan Suharto.

"Cerita Dari Blora" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Terima Kasih...

"Korupsi" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi:--

'Cerita Dari Jakarta" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra Deskripsi: Belum Baca boo..

'Percikan Revolusi Subuh' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra

'Menggelinding 1" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Buku ini dihadirkan untuk menjadi kilas balik proses kepengarangan Pram yang panjang selama rentang 1947 - 1956. Terdiri dari esai, sajak, cerita serta tulisan lainnya lengkap dengan komedi dan tragedinya. Cetakan terbaru (2005)

'Mereka Yang Dilumpuhkan' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra

'Perburuan' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Hasta Mitra

'Tempo Doeloe' Pengarang Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Dipanatara Deskripsi: Buku ini merupakan antologi sastra pra-Indonesia yang ditulis oleh empat penulis dengan delapan cerita : F. Wiggers (Dari Boedak Sampe Djadi Radja), Tio Ie Soei (Peter Elberveld), F.D.J Pangemanan (Tjerita Rossina dan Tjerita Si Tjonat), G. Francis (Tjerita Njai Dasima), dan H. Kommer (Tjerita Kong Hong Nio dan Tjerita Nji Paina).

'Realisme Sosialis' Pengarang Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Realisme-Sosialis yang terbungkus oleh Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat), selama ini menjadi titik sengketa yang tak ada habis-putusnya. Tapi sayang sengketa itu berlangsung tanpa ada referensi yang memadai yang menjelaskan hal-ihwal apa itu realisme-sosialis. Kerap ejekan dan hinaan itu hanya didasarkan pada dugaan bahwa realisme-sosialis identik dengan PKI. Pramoedya dlam buku ini mencatat poin-poin penting ihwal sastra bergenre realisme-sosialis disertai dengan paruh-paruh perkembangan sejarah sastra Indonesia secara menarik dan memikat.

'Di Tepi Kali Bekasi' Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Lewat novel ini Pramoedya ingin menjungkirkan cara pendang konvensional dalam melihat wacana sejarah revolusi Republik yang selalu menempatkan militer dan para jendralnya sebagai kubu heroik dan pahlawan. Adapun tokoh-tokoh anonim yang tak memiliki aksesibilitas ke penulisan sejarah Istana, tersingkir dan lenyap. Pram berusaha menempatkan tokoh-tokoh anonim ini sedemikian rupa di tempatnya yang layak. Cetakan terbaru (2005)

'Kembali Pada Cinta Kasihmu' Pengarang: Leo Tolstoy alih bahasa : Pramoedya Penerbit: Lentera Deskripsi: Terjemahan novel pendek Leo Tolstoy (1828-1910), sastrawan Rusia yang amat dihormati dunia. Cetakan terbaru (2005).

'Tikus dan Manusia' Pengarang: John Steinbeck Alih Bahasa : Pramoedya Penerbit: Lentera Deskripsi: John Steinbeck (1902 - 1968) dikenal dunia sebagai seorang pengarang humanis yang setia mengungkap persoalan-persoalan getir kemanusiaan dalam karya-karyanya. Dalam novel pendek dengan judul asli : Of Mice and Man (1937) yang diterjemah kan oleh Pramoedya ini, John Steinbeck berkisah tentang persahabatan dua manusia gembel : George dan Lennie- sesosok lelaki bertubuh raksasa, tapi dengan otak seorang bocah.

"Jalan Raya Pos, Jalan Daendels" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Karya terbaru Pramoedya, menuturkan sisi paling kelam pembangunan jalan yang beraspalkan darah dan air mata manusia Pribumi. Kisah pembangunan Jalan Raya Pos atau yang lebih dikenal dengan jalan Daendels, jalan yang membentang 1000 kilometer sepanjang utara Jawa, dari Anyer sampai Panarukan.

"Bukan Pasar Malam" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Roman ini berlangsung dalam satu putaran perjalanan seorang anak revolusi yang pulang kampung karena ayahandanya jatuh sakit. Dari seputar perjalanan itu, terungkap beberapa potong puing gejolak hati yang tak pernah teranggap dalam gebyar-gebyar revolusi. Cetakan terbaru (2005)

"Sekali Peristiwa di Banten Selatan" Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Novel ini merupakan hasil reportase singkat Pramoedya di wilayah Banten selatan yang subur tapi rentan dengan penjarahan dan pembunuhan. Cetakan terbaru (2005).
"Midah Simanis Bergigi Emas"
Pengarang: Pramoedya Ananta Toer Penerbit: Lentera Deskripsi: Midah, pada awalnya berasal dari keluarga terpandang dan beragama. Karena ketidak adilan dalam rumah, ia memilih kabur dan terempas di tengah jalanan tahun 50-1n yang ganas. Ia tampil sebagai orang yang tak mudah menyerah dengan nasib hidup, walaupun ia hanya seorang penyanyi dengan panggilan "si manis bergigi emas" dalam kelompok pengamen keliling dari satu resto ke resto, bahkan dari pintu ke pintu rumah warga. Cetakan terbaru (2005)

1 Comments:

Blogger Unknown said...

wahai saudaraku adakah yang bisa mencarikanku Novel Arus Balik????

Thursday, October 28, 2010  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home